Memahami karakter siswa satu persatu bukan perkara mudah, diperlukan beberapa tahap evaluasi yang disusun kedalam RPP K13 Bahasa Indonesia SMP kelas 7 setiap tatap muka baru akan terlihat perbedaan mana siswa yang berpotensi dan mana yang kurang. Akan tetapi pengajar mempunyai beberapa tantangan dalam pelaksanaan kegiatan belajar yakni, materi kurikulum 2013 yang berubah-rubah serta gaji guru honorer yang belum sepadan dengan kinerja mereka, menjadi kendala guru untuk mengembangkan kreasi mengajar.
Seharusnya tunjangan sertifikasi untuk tenaga honorer prosesnya dipermudah, hal tersebut akan memotivasi mengajar di kelas. Dengan adanya itu akan mengacu pada perkembangan kreatifitas pengajar dalam menyampaikan materi menggunakan peralatan sekolah yang sudah diberikan oleh pemerintah, yakni berupa alat mengajar media pembelajaran kurikulum 2013. Penyusunan materi mengajar dalam RPP K13 B Indo Kelas VII SMP semester 1 dan 2 tetap harus mengacu pada kompetensi serta mengadakan analis keterkaitan KI dan KD sehingga tercapai SKL.
Seharusnya tunjangan sertifikasi untuk tenaga honorer prosesnya dipermudah, hal tersebut akan memotivasi mengajar di kelas. Dengan adanya itu akan mengacu pada perkembangan kreatifitas pengajar dalam menyampaikan materi menggunakan peralatan sekolah yang sudah diberikan oleh pemerintah, yakni berupa alat mengajar media pembelajaran kurikulum 2013. Penyusunan materi mengajar dalam RPP K13 B Indo Kelas VII SMP semester 1 dan 2 tetap harus mengacu pada kompetensi serta mengadakan analis keterkaitan KI dan KD sehingga tercapai SKL.